2 mins read

Cara SS di Laptop Cuma Bagian Tertentu, Praktis dan Mudah

Ketika menggunakan komputer jinjing, seringkali kita memerlukan gambar tampilan layar sebagai acuan atau dokumentasi. Salah satu cara untuk mengambil gambar tampilan layar ini merupakan dengan menggunakan fitur screenshot atau screen capture.

Tapi sebagian besar fitur screenshot masih mengambil keseluruhan tampilan layar. Walaupun ada sebagian kondisi di mana kita perlu mengambil screenshot cuma sebagian dari tampilan layar.

Contohnya, dikala kita mau memperlihatkan bagian tertentu dari sebuah situs atau aplikasi kepada orang lain, atau dikala kita mau mengonsentrasikan perhatian pada sebagian faktor penting di dalam sebuah presentasi atau panduan. Dengan mengambil screenshot cuma bagian tertentu, kita dapat mempersembahkan pesan dengan lebih terang dan efektif.

Cara SS di Laptop dengan Snip & Sketch
Bagi pengguna komputer jinjing Windows, mengambil screenshot merupakan hal yang sering kali dijalankan dalam berbagai kebutuhan, seperti membuat panduan atau berbagi isu. Salah satu cara SS di komputer jinjing yang dapat diaplikasikan merupakan dengan menggunakan Snip & Sketch, sebuah fitur bawaan yang ada di Windows 10.

Snip & Sketch merupakan alat yang memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan joker123 slot mudah dan cepat. Fitur ini menawarkan berbagai opsi, seperti penanda, pemotong tangan, dan berbagai ragam wujud untuk memperjelas screenshot.

Berikut merupakan langkah-langkah untuk menggunakan Snip & Sketch:

1. Buka aplikasi atau halaman yang mau Anda ambil screenshot-nya.

2. Tekan tombol Windows + Shift + S secara berbarengan di keyboard untuk membuka Snip & Sketch.

3. Akan timbul kotak dialog di bagian atas layar, dengan sebagian opsi screenshot yang tersedia.

4. Pilih opsi yang layak dengan kebutuhan screenshot Anda. Contohnya, apabila Anda mau mengambil seluruh layar, pilih opsi Layar Penuh.

5. Sesudah memilih opsi, pakai cursor untuk menetapkan area yang mau Anda ambil screenshot-nya.

6. Sesudah menetapkan area, screenshot akan otomatis disimpan ke clipboard.

7. Anda dapat menjalankan paste screenshot ke aplikasi lain, seperti Word atau Paint, dengan menekan tombol Ctrl + V.

Dengan menggunakan Snip & Sketch, pengguna komputer jinjing Windows dapat mengambil screenshot dengan mudah dan mempunyai banyak opsi untuk memperjelas screenshot layak kebutuhan. Fitur ini benar-benar berguna dalam berbagai aktivitas, seperti pembuatan panduan atau berbagi isu dengan teman atau rekan kerja.

Jadi, itulah cara untuk mengambil screenshot di Laptop dengan Windows menggunakan Snip & Sketch. Dengan langkah-langkah yang sederhana ini, Anda dapat dengan mudah membuat dan mengolah screenshot layak kebutuhan Anda.