1 min read

Komitmen Baznas Ikuti Aspirasi Publik Ketika Salurkan Donasi untuk Gaza

Warga dari seluruh dunia terus memberikan simpati dan empati pada masyarakat yang ada di Palestina. Bukan hanya dunia, Indonesia lewat Majelis Ulama Indonesia (MUI), juga mengeluarkan fatwa yang mewajibkan umat Islam membantu pengorbanan Bangsa Palestina. Aspirasi itu juga terus dijaga dan menjadi perhatian khusus bagi Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (Baznas).

Ketua Baznas, Prof. Dr. Noor Achmad mengatakan bahwa Baznas terus berkomitmen untuk masyarakat yang demo spaceman slot pragmatic sudah menyimpan kepercayaan terhadap institusi tersebut dalam penyaluran sumbangan Palestina. Sampai saat ini, Noor Achmad melanjutkan, Baznas konsisten aktif menerima dan menyalurkan sumbangan untuk Gaza dari para muslimin pembayar zakat (muzaki) yang berkeinginan turut berjuang atas nama kemanusiaan di Palestina.

“Ingat, di Palestina saat ini ada jutaan orang yang kelaparan dan tiap sen bantuan benar-benar berharga bagi mereka,” kata Noor Achmad.

Meskipun demikian, dalam cara kerja penyaluran sumbangan untuk Gaza, Baznas lebih berhati-hati dalam menerima sumbangan layak dengan perintah MUI dan Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI), institusi nirlaba yang aktif dalam perlindungan konsumen Muslim. Berkolaborasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Baznas juga terus aktif menyalurkan sumbangan dari masyarakat Indonesia.

Deputi I Baznas Bidang Pengumpulan, M. Arifin Purwakananta mengatakan bahwa total penyaluran sumbangan dari Indonesia mencapai Rp43,1 miliar, belum termasuk 56,7 ton natura, per April 2024. Tak hanya itu saja, bersama pemerintah dan pihak Yordania, Baznas juga aktif dalam pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza Palestina lewat jalur udara.

Adapun bantuan tersebut berasal dari beraneka pihak, termasuk institusi amil zakat (LAZ), Baznas provinsi/kabupaten/kota, sumbangan korporasi, sumbangan perorangan, dan sumbangan sekolah atas dasar kepentingan kemanusiaan.