2 mins read

Mengenal Natto yang Punya Banyak fungsi Kesehatan

Natto adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari fermentasi kedelai. Sebagian orang beranggap ini makanan ‘aneh’ karena teksturnya berlendir, lengket dan berserabut. Proses fermentasi juga membuat natto mempunyai aroma yang amat menyengat.

Selain membuat perubahan tekstur dan aroma, proses fermentasi di dalam pembuatan natto ternyata mempunyai fungsi kesehatan. Dari proses tersebut, natto menjadi makanan yang mempunyai takaran prebiotik. Nah, senyawa selanjutnya bisa menambah bakteri baik di di dalam usus agar anda bisa terhindar dari berbagai kasus pencernaan.

Kenali fungsi Kesehatan dari Mengonsumsi Natto
Tak hanya memperlancar pencernaan, selanjutnya fungsi natto lainnya:

1. Menyehatkan Tulang
Melansir dari Healthline, tiap tiap 100 gram natto bisa mencukupi 22 % asupan kalsium harian. Makanan ini juga menjadi sumber vitamin K2 terbaik. Vitamin selanjutnya mengaktifkan protein pembentuk tulang yang menolong mempunyai kalsium ke di dalam tulang.

Studi membuktikan suplemen vitamin K2 bisa memperlambat hilangnya kepadatan tulang seiring pertambahan usia. Selain itu, vitamin K2 juga bisa mengurangi risiko type patah tulang tertentu sebesar hingga 60 persen.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan serat dan probiotik terhadap makanan ini menolong slot ninja turunkan takaran kolesterol. Proses fermentasi natto menghasilkan nattokinase, sejenis enzim yang menolong melarutkan gumpalan darah.

Peneliti Jepang melaporkan bahwa makanan ini bisa menolong turunkan tekanan darah dengan menonaktifkan enzim pengubah angiotensin (ACE), yang menolong mengontrol tekanan darah.

Faktanya, beberapa penelitian membuktikan bahwa suplemen nattokinase mengurangi tekanan darah terhadap pengidap hipertensi. Selain memperkuat tulang, vitamin K2 di dalam natto menolong menahan penumpukan kalsium di arteri.

Dalam sebuah penelitian, rutin mengonsumsi makanan yang kaya vitamin K2 berkenaan dengan penurunan kematian akibat penyakit jantung hingga 57 persen. Sebagai referensi, natto diperkirakan mempunyai takaran sekitar 10 miligram vitamin K2 per 100 gram.

3. Memperkuat Imunitas
Natto mempunyai takaran beberapa nutrisi yang bisa memperkuat proses kekebalan tubuh. Probiotik berfaedah menahan pertumbuhan bakteri beresiko dan bisa menambah memproduksi antibodi alami. Zat ini juga mengurangi risiko infeksi dan bisa menolong seseorang pulih lebih cepat kala sakit.

Selain takaran probiotiknya yang tinggi, natto kaya akan vitamin C, zat besi, seng, selenium, dan tembaga, yang semuanya berperan mesti di dalam fungsi kekebalan tubuh.

4. Menurunkan Risiko Kanker
Natto mempunyai takaran isoflavon kedelai dan vitamin K2. Keduanya dikaitkan dengan penurunan risiko kanker hati, prostat, pencernaan, dan payudara.

5. Membantu penurunan berat badan
Probiotik dan serat terhadap makanan ini bisa membuat kenyang lebih lama. Alhasil, natto bisa menahan menambahkan berat badan dan mengoptimalkan penurunan berat badan.

6. Meningkatkan kesegaran otak
Makanan kaya probiotik layaknya natto bisa menolong mengurangi stres, menambah kekuatan ingat, dan mengurangi gejala kecemasan, depresi, autisme, dan masalah obsesif-kompulsif (OCD).

Selain kesegaran fisik, kesegaran mental juga tak kalah mesti untuk diperhatikan. Bila mengalami kasus yang berkaitan dengan mental, jangan sangsi untuk menemui psikolog. Segera bertanya dokter di aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum saat kondisinya makin memburuk, download Halodoc kala ini juga!