2 mins read

Rekomendasi Film Perihal Pertemanan Para Remaja

Sejumlah film baik dari Hollywood maupun Asia menonjolkan estetika, keseruan, malah ketegangan dari persahabatan kala remaja. Hal-hal hal yang demikian bisa membuat penonton bernostalgia dengan kenangannya dikala masih remaja.
Berikut lima film yang bisa disaksikan di layanan streaming resmi di Indonesia untuk merayakan Hari Remaja Internasional pada Kamis (12/8).

1. The Breakfast Club
Bermula pada sebuah Sabtu pagi, dikala itu ada lima siswa SMA yang mesti menjalani hukuman di sekolah kala siswa lainnya sedang tamasya akhir pekan.

Mereka merupakan John Bender (Judd Nelson), Claire Standish (Molly Ringwald), Andrew Clark (Emilio Esteves), Brian Johnson (Anthony Michael), dan Allison Reynolds (Ally Sheedy).

Dalam menjalani hukuman hal yang demikian mereka diawasi segera oleh Kepala Sekolah. Adapun hukuman yang sedang mereka jalani dikala itu merupakan menulis artikel dengan jumlah kata sebanyak 1.000.

Pertemuan di perpustakaan itu sekaligus menjadi pertemuan pertama mereka. Mulanya mereka tidak akur, namun seiring berjalannya cerita, mereka akan semakin dekat satu sama lain.

Film yang disutradarai John Hughes ini akan menonjolkan karakter masing-masing siswa hal yang demikian.

Film The Breakfast Club bisa ditonton di Netflix.

2. Sunny/Bebas
Sunny mengisahkan Na Mi (Yu Ho-jeung), siswi pindahan sekolah spaceman menengah. Pada hari pertama masuk sekolah barunya, dia segera mendapatkan intimidasi dari gerombolan siswi, sebab dialek yang dikeluarkan dianggap aneh.

Melainkan dia ditolong segerombolan gadis-gadis dan teman sekolahnya. Mereka merupakan Chun Hwa (Kang So-ra) yang diketahui sebab rasa kesetiaannya yang kuat dan keterampilan bertarung yang betul-betul baik.

Film hal yang demikian kemudian diubahsuaikan menjadi film Bebas yang mengisahkan Vina (Marsha Timothy) yang mulai kehilangan \\\’jati dirinya\\\’ sebab terlalu sibuk dengan rutinitas sehari-hari sebagai seorang istri dan ibu.

Sampai pada suatu kali, Vina bertemu Kris (Susan Bachtiar) yang membuat keduanya menjadi teringat dengan kenangan-kenangan bersama selama SMA. Pertemuan dengan Kris juga membuat Vina menemukan jati diri. Ulasan film Bebas bisa dibaca di sini.

3. Laskar Pelangi
Film yang diubahsuaikan dari novel berjudul sama karangan Andrea Hirata ini bercerita tentang perjuangan 10 murid dan guru bernama Bu Muslimah (Cut Mini) di salah satu pulau terkaya di Indonesia, Belitong.
Lima tahun bersama, Bu Mus, Pak Harfan (Ikranagara) dan 10 murid dengan keunikan dan keistimewaannya masing masing, berjuang untuk terus bisa sekolah.

Di antara bermacam tantangan berat dan tekanan untuk menyerah, Ikal (Zulfani), Lintang (Ferdian) dan Mahar (Veris Yamarno) dengan bakat dan kecerdasannya timbul sebagai pensupport semangat sekolah mereka.

Film ini dipenuhi kisah tentang tantangan kalangan pinggiran dan penuh haru soal perjuangan hidup menggapai mimpi, serta estetika persahabatan yang menyelamatkan hidup manusia.