2 mins read

Winfrey dan Dwayne Johnson Sumbang Rp62 Milliar

JAKARTA – Presenter Oprah Winfrey dan Dwayne Johnson telah mendonasikan lebih dari US$10 juta atau seimbang Rp162,22 miliar (kurs Rp16.222) untuk menolong orang-orang yang terdampak oleh kebakaran hutan di Maui.

Sebanyak 8.100 orang mendapatkan bantuan ini dalam format cek dari Dana Rakyat. Dikutip TrenAsia.com dari Fortune pada Selasa, 23 April 2024, salah satu yang terkena pengaruh ini ialah seorang narasumber bernama Lana Vierra. Rumahnya yang dihuni oleh sepuluh anggota keluarga, termasuk bayi, terbakar habis. Lana telah tinggal di rumah tersebut semenjak tahun 1991.

Sesudah kebakaran, Lana dan keluarganya mendapatkan bantuan dari pelbagai pihak, termasuk Dana Rakyat Maui yang didirikan oleh Oprah Winfrey dan Dwayne Johnson. Mereka mendapatkan enam pembayaran bulanan sebesar US$1,2 ribu lantas ke rekening bank mereka dari Dana Rakyat.

Winfrey dan Johnson berjanji untuk mendonasikan spaceman US$10 juta dan sukses mengumpulkan hampir US$60 juta dari pelbagai individu dan perusahaan. Dana tersebut dibagikan kepada sekitar 8,1 ribu orang dewasa yang terdampak oleh kebakaran hutan di Maui.

Penerima bantuan seperti keluarga Vierra benar-benar berterima kasih atas dukungan yang mereka terima. Dana tersebut menolong mereka untuk tetap terkendali atas tagihan hipotek mereka, walaupun rumah mereka telah hancur.

Pemakaian dana lantas seperti ini telah ternyata benar-benar berkhasiat dalam menolong pemulihan pasca-musibah.

Dana yang disalurkan secara lantas menolong penerima untuk memenuhi keperluan pokok seperti perumahan dan makanan.

Banyak badan nirlaba dan program pemerintah, termasuk di Maui, menerapkan transfer uang tunai lantas sebagai sistem bantuan pasca-musibah.

Meski bantuan finansial benar-benar menolong, pelaksanaan pemulihan masih membutuhkan dukungan lebih lanjut. Dana yang disalurkan secara lantas tidak cukup untuk membangun kembali infrastruktur dan sistem dukungan sosial yang diperlukan oleh komunitas yang terdampak.

Namun, dengan bantuan dari pelbagai pihak, termasuk pemerintah negara bagian dan yayasan amal, kemauan untuk pemulihan yang lebih baik semakin nyata bagi orang-orang yang terkena pengaruh musibah ini. Dengan kerja sama dan dukungan yang terus-menerus, mereka bisa bangkit dari puing-puing dan memulai kembali hidup mereka.

Barry Probst, seorang terapis yang telah tinggal di Lahaina selama empat generasi, mau bisa membangun kembali rumahnya dan kembali ke hidup yang normal pada tahun 2026. Meski pelaksanaannya mungkin memakan waktu, dukungan yang diterima dari pelbagai pihak telah memberikan mereka kemauan untuk masa depan yang lebih baik.